Wednesday, September 30, 2009

LIVE MESH, SINKRONISASI ANTAR DEVICE

Integrasi file pada komputer rumah, notebook dirumah, mac dikantor atau mobile device digenggaman tanpa khawatir rusaknya data. Oh ya? Just Mesh it !!!

LIVE MESH adalah produk baru yang diluncurkan oleh Microsoft. Saat ini memang masih dalam versi beta, namun fitur yang ditawarkan cukup membuat orang lebih menaruh perhatian. Live Mesh merupakan produk berbasis web yang dapat melakukan sinkronisasi, sharing dan dapat diakses oleh semua peralatan. Website resmi Live Mesh dapat kita akses di www.mesh.com . untuk dapat menggunakan layanan ini kita diharuskan memiliki account passport(memang begitu Mesh menyebutnya).



Tampilan awal (Homepage) Mesh


Fitur yang ditonjolkan Live Mesh adalah :


  • Sinkronisasi
  • Sharing
  • Access

Sinkronisasi
Biasanya kita bekerja pada beberapa tempat (kantor,rumah,on road), kemudian file itu dikirim ke diri sendiri melalui E-Mail account kita dan kemudian file tersebut diunduh kembali untuk dikerjakan atau diproses ditempat yang berbeda, kemudian kita kirim lagi ke E-Mail kita, begitu seterusnya. Dengan Live Mesh, kejadian seperti itu tidak akan terjadi. Cukup menambahkan peralatan yang akan dilakukan sinkronisasi data atau file. Malahan kita bisa melakukan sinkronisasi dua folder antar peralatan yang berbeda. Jadi, say good bye to E-Mail Account :P
Sharing
Live Mesh memungkinkan kita melakukan sharing semua artifak atau data kepada orang lain. Kira dapat mengajak teman kita (atau dalam kasus lebih jauh bos kita dikantor) untuk mengakses data kita. Kita juga akan medapatkan notifikasi ketika data atau file kita berubah yang dilakukan oleh teman kita atau bos kita (macam Facebook pula, :P).
Access
Ketika kita mendaftarkan diri ke Life Mesh, maka secara otomatis kita memperoleh personal desktop, yaitu Windows PC pada website dengan ukuran 5 GB. Sinkronisasi file ini ke desktop Mesh, sehingga kita dapat mengaksesnya disemua browser. Kapanpun dan dimanapun !!! bahasa kerennya anytime and anywhere !!! hehe.

Fitur Live mesh
Beberapa fitur Live Meshantara lain :
· Device Page
· Live Desktop
· Mesh Bar
· Invite member
· Notifier
· News
· Live Mesh Remote Desktop
· Mac
· Mobile Device



Device Page memungkinkan kita menambahkan device yang akan digunakan untuk sinkronisasi. Melalui tool ini, kita juga dapat melakukan remote komputer atau live desktop.
Live desktop ini dapat diilustrasikan sebagai windows PC pada web. Disini kita akan mendapatkan desktop yang berukuran 5 GB secara gratis. Storage ini dapat diisi sembarang data atau file kedalamnya.
Mesh bar merupakan management tool untuk mengatur semua file dan membership untuk dilakukan kostumasi. Live Mesh memungkinkan kita untuk mengundang teman2 kita untuk berkolaboasi, seperti Chatting, Melihat Berita, mengirim pesan dsb.
Notifier ini berguna untuk mengetahui apa yang terjadi pada live mesh kita, baik data maupun device. Live mesh dilengkapi fitur news yang memungkinkan kita feeding berita ke beberapa situs.
Live mesh remote desktop merupakan tool yang disediakan oleh live mesh untuk melakukan remote komputer dengan memberikan akses folder yang akan digunakan. Kita juga dapat melakukan copy paste pada remote komputer. Live mesh juga suport untuk mac dan windows mobile untuk sinkronisasi data namun tak semua fitur dapat dipenuhi.

Mendaftar


Untuk dapat menggunakan live mesh, kita tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Cukup dengan menggunakan passport account (Mesh menyebutnya demikian) kita, maka kita dapat menggunakan layanan ini. Mendatarnya pun tak sampai menghabiskan secangkir kopi (mungkin dapat lebih cepat jika tersaji dalam bahasa Indonesia, hahaha), tinggal mengisi formulir pendaftaran, and done !!!




Setelah proses pendaftaran selesai dilakukan, maka kita akan langsung diberikan Live Desktop secara gratis yang berukuran 5 GB.


Klik connect, maka kita akan masuk kedalam Live Desktop Mesh kita. Tampilan muka Live Desktop sudah benar-benar tak asing lagi untuk kita. Dimana kita dapat membuat folder baru dan dapat pula memasukkan file kedalamnya.




Kita-pun dapat mengirimkan pesan kedalam Mesh kita, sehingga teman atau bos kita dapat menindak lanjuti pekerjaan-pekerjaan kita. Berikut notifikasinya. Jush Mesh it !!!



Tak puas dengan 1 device? Kita-pun dapat menambah beberapa device baru, namun sayangnya baru tersedia untuk Windows XP, Vista 32 bit dan 64 bit. Sementara bagi para pecinta Mac dan Mobile Device (Windows Mobile) Harus sabar menanti.


























Inspirated By : PC Media 05/2009 (Agus Kurniawan)

No comments:

Post a Comment